Daniel LDT nge-Blog

Cuma coretan seorang Polisi sebagai Biker juga Blogger

Senjata api genggam

Kita tentu sering mendengar kata ‘pistol’ atau ‘revolver’. Sayangnya, banyak diantara kita masih sering salah mengartikan perbedaan pistol dan revolver sebagai sebuah kata yang mengandung arti sama. Bahkan, dibeberapa media cetak seperti koran, atau majalah masih sering ditemui kesalahan pengertian tersebut.

Kadangkala, pistol disebut sebagai FN, atau revolver disebut sebagai pistol, dll. Padahal keduanya merupakan jenis senjata genggam atau senjata laras pendek yang berbeda.

Senjata api genggam merupakan senjata api yang digunakan dengan satu tangan. Biasanya orang awam salah menyebutnya dengan Pistol untuk sebutan secara umum senjata api genggan, padahal Pistol adalah jenis senjata yang kamar pelurunya menyatu dengan laras. Ada juga yang salah menyebutnya FN, FN bukanlah jenis senjata api tapi merupakan nama pabrik yang memproduksi senjata api. Sistem kerja senjata api pun berbeda antara pistol dengan revolver. Kata ‘pistol’ mulai digunakan untuk menggambarkan senjata api genggam pada abad ke-18. Pada abad ke-15 pistol bererti sebuah pisau kecil yang boleh disembunyikan di dalam pakaian.

Senjata genggam atau senjata laras pendek lazim disebut ‘firearms‘ atau ‘handgun‘ sampai saat ini dikategorikan menjadi 2 jenis  utama yaitu.

 Contoh gambar bagian-bagian Revolver S&W

1. Revolver, yang menggunakan kamar peluru yang berputar, terdiri dari beberapa bagian utama yaitu: (tulisan tentang revolver klik di sini)

  • frame
  • laras
  • silinder

Revolver adalah jenis senjata api yang paling banyak dimiliki oleh Polri, berikut adalah type/merk senjata api jenis Revolver yang dimilki oleh Polri yang saya tahu (kaliber 38):

  1. Smith & Wesson atau S&W, jenis ini yang banyak dimiliki oleh polri baik dengan laras 2 inchi atau 4 inchi
  2. Colt
  3. Taurus
  4. Pindad
  5. ……

Contoh gambar bagian-bagian Pistol Glock 17

2. Pistol, yang kamar pelurunya menyatu dengan laras, terdiri dari beberapa bagian utama yaitu:

  • Slide
  • frame
  • laras / barrel
  • magasen

Berikut adalah type/merk senjata api jenis Pistol yang dimilki oleh Polri yang saya tahu:

  1. Glock, jenis ini biasanya digunakan oleh rekan-rekan di Gegana terutama yang bergabung di DENSUS 88 ANTI TEROR (Awas ya, jangan sampai salah sebut DENSUS 86 ANTI TEKOR!!!) dan para pimpinan di Brimob Polri.
  2. SIG Suer jenis P226 (digunakan walpri kedubes asing, saya belum tahu apakah ini punya Polri atau inventaris dari kedutaan tersebut)
  3. ……

Demikian uraian singkat mengenai senjata api genggam, buat rekan-rekan yang mau memberikan masukan, silahkan tinggalkan komentar beserta referensi link/url sumbernya.

Terima kasih.

18/04/2011 - Posted by | Persenjataan, Polri | ,

3 Komentar »

  1. Mas, itu schematic diagram dari Glock 17 tampaknya bukan menunjukkan the real Glock 17. Airsoft mungkin? Saya sudah sering bongkar yg aslinya dan isinya tidak spt itu mas. Coba di check lagi.

    Komentar oleh garandman | 29/08/2011 | Balas

    • iya saya cek lagi pak
      terima kasih masukannya

      Komentar oleh Daniel LDT | 14/09/2011 | Balas

  2. Cuma mau Kasih masukan Mas, Setahu saya semua senjata api Genggam namanya Pistol, Istilah ini mulai digunakan sekitar tahun 1400-an, Beberapa pendapat mengatakan istilah ini muncul pertama kali di Prancis oleh pasukan Kavelery yang suka membawa senjata berbentuk tabung keci (HandGonna) yg diletakkan dipelana kuna yang disebut Pistola. Catatan lainnya mengatakan dari bahasa Czechoslovakia yaitu PISTALLA (Tabung kecil yg dpt ditembakkan), Bhs Jermannya Pisculle / Prancisnya : PISTOLE.
    Pistol Revolver dikembangkan dari jenis awalnya yaitu Pistol Cluster Barrel (Laras Banyak). Pistol Revolver Modern seperti sekarang ini pertama kali dipatentkan atas nama Elisha H Collier tahun 1814 (Revolver Flintlock). Kanapa disebuat Pistol Revolver karena mekanisme pengaturan tembakannya (Magasen) menggunakan Tabung Selinder Berputar (Revolver).
    Sedangkan Pistol yg satunya lg dikenal dengan sebutan SL-Pistol ( Self Loading Pistol / Pistol Semi-Otomatis) Pertama kali dirancang oleh Joseph Laumann dari AUSTRIA Thn.1891 dgn menggunakan kotak magasen yg diberi pegas dan diletakkan dibawah sejata secara Vertical. Dgn sistem pemasukan amunisi yg dilakukan dari hasil kinerja senjata itu sendiri setelah penambakan pertama dilakukan yg diakibatkan dari tekanan ledakan (Recoil Back).
    Sehingga senjata Genggam / Pistol yang dikenal sekarang ada 2 Jenis yaitu Pistol Revolver dan SL-Pistol. Perkembanga hingga sekarang tidak merubah 2 jenis ini, hanya pada teknologi cara kerja dan sistem penembakannya saja yang makin maju, hingga sekarang kita kenal ada Pistol Revolver SAO, DAO, SA/DA dan Revolver Otomatis sedangkan SL-Pistol ada Pistol Semi-Otomatis dan Pistol Otomatis. Sekarang ini jenis Pistol Revolver lebih dikenal dengan sebutan Revolver saja sedangkan SL-Pistol Mudahnya disebut dengan Pistol saja Begitu Bozzz……
    Sedangkan Istilah FN (Fabrique Nationale) Adalah Pabrik senjata Negara Belgia semacam Pindad di Indonesia.Kenapa Istilah FN diberikan untuk semua jenis SL-Pistol Khususnya di Kepolisian. Karena Jenis SL-Pistol pertama kali yang digunakan dikalangan Kepolisian adalah SL-Pistol type Goverment 1911 A1 dan A2 Produksi FN-Herstal Belgia Rancangan John Moses Browning Warga negara AS yg menjual hak patentnya ke Belgia. Pistol ini pertama kali diproduksi di Amerika dengan nama Colt M1911 Kalliber 0,45 Inchi ACP(11,43 mm). selain itu Pistol ini jg diproduksi oleh Pabrikan senjata Springfield Armory. Kalau tdk salah (Mohon Koreksi) Sekarang Hak Patent akan Produksi senjata ini sudah kadaluwarsa sehingga setiap Negara dapat memproduksinya dengan bebas, Pindad mebuat P1, Brazil menbuat Imbel dll, yg merupakan Ciplakan dari SL-Pistol jenis ini.

    Komentar oleh Lafaek Pelopor 48 | 15/11/2011 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: