Daniel LDT nge-Blog

Cuma coretan seorang Polisi sebagai Biker juga Blogger

Latihan Fisik untuk Tes Kesamaptaan Jasmani menghadapi Seleksi Masuk Polri

Informasi ini saya tujukan kepada Anda yang tengah mempersiapkan diri untuk mengikuti seleksi masuk Polri. Terdapat beberapa tahapan tes masuk Polri yang dilaksanakan dari tahun ke tahun. Salah satu item seleksi yang memiliki nilai yang cukup tinggi adalah Tes Kesamaptaan Jasmani (TKJ). Tes Kesamaptaan Jasmani ini dilakukan untuk mengukur kemampuan fisik setiap peserta seleksi. Kenapa hal ini diperlukan, karena selama menjalani pendidikan di Lembaga Pendidikan di Kepolisian akan banyak terdapat kegiatan yang membutuhkan fisik yang prima, sehingga hanya calon yang memiliki kemampuan fisik baguslah yang berhak mengikuti pendidikan di Lembaga Pendidikan di Kepolisian. Tapi jangan khawatir, kemampuan fisik bukanlah suatu bawaan lahir, kemampuan ini bisa dilatih apabila adik-adik benar-benar berniat untuk ikut seleksi menjadi Anggota Polri. Hanya latihan yang rutin dan sungguh-sungguh sajalah yang dapat menghasilkan hasil yang maksimal. Latihan-latihan pembinaan fisik yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut :

1. Latihan lari selama 12 menit

Latihan pertama yaitu lari selama 12 menit. Sebaiknya untuk mempermudah memperkirakan jarak dan waktu tempuh sebaiknya lakukan latihan ini dengan mengelilingi lapangan sepak bola yang berukuran standar 400 meter. Untuk calon peserta pria setidaknya dapat mencapai 6 kali (2400 meter) selama 12 menit tersebut. Untuk calon wanita setidaknya mencapai 5 kali (2000 meter). Lakukan latihan lari ini secara rutin agar kemampuan dapat meningkat dari waktu ke waktu.

2. Pull Up (pria) dan Chinning (wanita)

a.  pull up (pria) adalah gerakan dengan cara seperti bergantung pada tiang horizontal seperti gambar kemudian menarik badan keatas sampai dagu melewati tiang itu dan kembali turun sampai tangan lurus. Setidaknya lakukan latihan ini sebanyak 10 kali, dengan gerakan yang sempurna. Lebih baik sedikit demi sedikit tetapi sempurna dari pada banyak tapi gerakannya tidak sempurna.

b.  chinning (wanita) adalah gerakan dengan cara berdiri di depan tiang mendatar, dengan kaki tetap menginjak tanah, kemudian tarik badan ke depan dan kembali ke belakang, setidaknya lakukan sebanyak 40 kali  dengan gerakan yang sempurna. Lebih baik sedikit demi sedikit tetapi sempurna dari pada banyak tapi gerakannya tidak sempurna.

3. Sit Up

Sit Up adalah gerakan duduk-bangun. Lakukan latihan untuk memperkuat otot perut. Posisi tangan dianyam di belakang kepala. Ketika bangun upayakan sampai mencium lutut. Lakukan gerakan ini minimal 35 kali untuk pria dan 30 kali untuk wanita. Seluruh gerakan dilakukan tidak lebih dari 1 menit.

4. Push Up

Push Up adalah gerakan naik turun dengan bertumpu pada kedua tangan dan kaki. Untuk laki-laki bertumpu pada ujung kaki, dan wanita bertumpu pada lutut. Saat turun badan tidak menyentuh tanah, dan pada saat naik tangan kembali lurus. Lakukan gerakan secara sempurna untuk laki-laki setidaknya 35 kali dan 30 kali untuk wanita. Seluruh gerakan dilakukan tidak lebih dari 1 menit.

5. Shuttle Run

Shuttle run adalah lari membentuk angka 8 . Maksudnya adalah Anda lari dengan kecepatan penuh (sprint) melewati 2 patok besi yang berjarak kurang lebih 10 meter dengan titik awal sebelah kanan patok belakang. Setelah ada aba2 start/peluit, Anda lari dari titik awal itu menuju sebelah kiri patok depan kemudian memutari patok itu sampai agan berada di sebelah kanan patok depan, setelah itu agan lari kembali ke patok belakang sebelah kiri, memutari patok itu sampai agan berada di sebelah kanan patok belakang kembali. lari membentuk angka 8 itu dilakukan sebanyak 3 kali putaran dan dicatat waktu tercepatnya dan ingat, harus dilakukan dengan kecepatan penuh agar nilainya bagus.Tes ini untuk mengukur akselerasi dan kelincahan tiap peserta. Upayakan waktu yang diperlukan tidak lebih dari 20 detik.

6. Renang

Lakukan latihan renang dengan gaya bebas (gaya apa saja yang dikuasai). Berlatihlah berenang setidaknya mencapai jarak 25 meter.

Berlatihlah dengan rutin dan sungguh-sungguh untuk mencapai hasil yang maksimal. Semua item diatas akan lebih baik bila Anda dapat melebihi batas jumlah yang saya sebutkan. Selamat berlatih dan semoga sukses bersama Anda !!!

About these ads

14/05/2011 - Posted by | Polri

65 Komentar »

  1. nice sharee … wuihh berat juga yaa tibakno :)

    Komentar oleh Amama Ali | 12/10/2011 | Balas

    • sebenarnya tidak juga jika sebelum mendaftar kita giat berlatih :D
      terima kasih kunjungannya

      Komentar oleh Daniel LDT | 12/10/2011 | Balas

  2. wuiih sip,, ponakan saya pingin masuk akpol juga masalahnya..

    Komentar oleh Hourex150L | 12/10/2011 | Balas

    • untuk postingan TKJ di atas bisa dijadikan bahan untuk mulai berlatih rutin dari sekarang Pak
      Semoga Ponakannya lulus ya
      Saran saya, jangan cuma terlalu berharap di akpol karena siapa tahu ternyata nasibnya di Bintara? Atau di Akmil juga Tentara
      Ada baiknya semua peluang yang ada dicoba, toh sama saja, sama sama mengabdi kepada Negara hanya saja yang satubdi bidang Keamanan dan yang satunya lagi di bidang Pertahanan
      Salam
      Terima kasih atas kunjungannya

      Komentar oleh Daniel LDT | 12/10/2011 | Balas

  3. oooo ini namanya tes kesamaptaan toh?
    saya dulu pernah mengikuti tes ini pada saat daftar SMA taruna Nusantara, tapi gak lulus karena lari saya gak kuat, masih kurang 100-200 meteran (nafas gak kuat gara2 SMP sering ngerokok hiks…)

    Komentar oleh bjl | 12/10/2011 | Balas

    • sebearnya ngerokok atau tidak merokok tidak terlalu berpengaruh asal kita rajin dan giat berlatih
      terima kasih atas kunjungannya

      Komentar oleh Daniel LDT | 12/10/2011 | Balas

  4. thanks ya informasi nya ……..

    saya jadi tau….

    Komentar oleh Gozid X Skondgay | 20/10/2011 | Balas

    • sama sama
      terima kasih kunjungannya
      semoga sukses

      Komentar oleh Daniel LDT | 27/10/2011 | Balas

  5. kalau ada peyakit kulit(gatal2 ) itu bagaimana?bisa tetap daftar gak?
    makasih sebelumnyaa

    Komentar oleh - | 31/10/2011 | Balas

  6. oh, terima kasih informasinya.. saya juga rencananya mau daftar bintara nih?
    mohon do’a nya yaa??

    Komentar oleh Dodi | 01/02/2012 | Balas

  7. owgh.
    trima ksih ya,ats infrmsi.a ne…

    Komentar oleh nick | 25/04/2012 | Balas

  8. saya mau daftar perajurit tapi full up saya lemah banget,, agar bagus kaya giamna ya cara nya, makasih…

    Komentar oleh cucu riana | 27/08/2012 | Balas

  9. Terimaakasihh info ny Pak
    hhe :)
    ohh iaa itu latihan ny yg bagus SEtiap hari atau diliburkan sehari

    Komentar oleh Muhammad Sidik | 17/09/2012 | Balas

  10. cukup membanttu namun lebih detail dlm perincian tes nya…!!

    Komentar oleh munandar | 06/10/2012 | Balas

  11. thanks iya gan informnya,
    Semangat mudah-mudahan mampu : )

    Komentar oleh Novha Indrawan | 18/10/2012 | Balas

  12. Setelah lulus nnti gue mau tes polisi,cuman gue sering ngerokok n fisik gua jga kuranq bagus karna faktor keturunan,tp gue sering bekerja keras agar badan gue kuat n sehat, apa bisa gue bs lulus tes polisi?hehe.makasih

    Komentar oleh Steven Salamena | 06/11/2012 | Balas

  13. Ada dua keuntungan, selain untuk kebugaran juga persiapan tes tkj

    Komentar oleh Hettik Selfia Pratiwi | 04/12/2012 | Balas

  14. Siap ndan

    Komentar oleh deddy | 04/12/2012 | Balas

  15. Pengalaman pribadi:
    dulu saya pernah mngikuti pndaftran (tni&polisi), aneh tapi nyata, dan itu benar2 terjadi, sewaktu tes jasmani, ada beberapa peserta yg kurang dalam tes seperti lari kurang dr standar, pushup juga ada yg kurang,pullup juga ada yg kurang, dll, tapi mereka swaktu pengumuman ada diantra mereka ada yg lolos. Juga sewktu tes kesehatan, saya masih ingat bbrapa pserta ada yng bermsalah tpi mreka juga msih bisa lolos,
    apakah pesrtanya yang sakti2 atau ada udang dibalik batu, dan itu sudah mnjadi rhasia umum (KUHP ksih uang habis perkara),
    negara ini memang lucu, mau jadi abdi negara,penegak hukum, pakek jalan belakang, bagaimana negara ini mau maju.

    Komentar oleh Sam indra | 13/12/2012 | Balas

  16. Sekedar saran, jangan terlalu berambisi saja, karena kita tidak bermain sendiri (ada beberpa yg bermain curang),
    ada yng bilang juga 3D, doa,duit,dukun (bisa d terjemain sndiri artinya).
    Orang tidak bisa berjalan lurus. Kecurngan di republik ini sudah biasa.
    “Yang penting bpk senang”, “sya senang anda puas”. Didunia uang adlh raja, yng tdinya ada jadi ada krena uang. Inilah hidup. Hidup indonesia,hiduplah negaraku, dan hiduplah koruptorku
    haaaaa…haaa….., Allah tidak diam

    Komentar oleh Sam indra | 13/12/2012 | Balas

  17. kalau semua tes fisik bagus apa dijamin masuk pak.trima ksih

    Komentar oleh aris munandar | 28/12/2012 | Balas

  18. semua itu prlu tes, jgnkn polisi, mw jdi PNS ajha, pelu tes smw. jdi wajar klo semw’x itu ada tes’x, yg pnting diniati dri hati yg dalam, semw’x akan baik” ajha. ammmmmmmiiiinnn

    Komentar oleh suhermawan_herman@yahoo.com | 11/02/2013 | Balas

  19. mimpi kali ye mau jdi pegawai negeri gak pake uang skrg kencing d terminal z byar 2000 apalagi mw pngen dpt gaji enak

    Komentar oleh eko | 28/02/2013 | Balas

    • saya jd PNS tdk pake uang pak.

      Komentar oleh Ardin | 03/04/2013 | Balas

  20. thanks ya pa info nya …. tapi kalo punya mata min setengah bisa ga???/

    Komentar oleh Fangestu Covervill | 03/03/2013 | Balas

  21. jika d lakukan stiap hari .. badan terasa segar dan awet muda

    Komentar oleh arsana | 16/03/2013 | Balas

  22. semangat……

    Komentar oleh Jepry Malin Deman | 11/04/2013 | Balas

  23. ku kan terus berusaha……….

    Komentar oleh agung prasetyo nugroho | 17/04/2013 | Balas

  24. apa kah serjana lulus sistem informasi komputer dapat mendaftar polisi dan berapa batas usia untuk sarjananya

    Komentar oleh aditya | 17/04/2013 | Balas

  25. Bgus skli penjelasanya, semoga saya bisa!!! Amin. . . . . .

    Komentar oleh Jerry andi depari | 08/05/2013 | Balas

    • derita loe!!hahha

      Komentar oleh Robert arwana jacob | 05/06/2013 | Balas

  26. saya pernah ikut tes polri sampe pada kesemaptaan jasmani..dan saya melekukan jauh lebih banyak dari disebut diatas..tapi ga lolos….sedangkan teman saya bahkan tdk ada yg sampe pada target tapi lolos..kenapa dan ada apa..?

    Komentar oleh Areyo | 10/05/2013 | Balas

    • derita loe hhhaha

      Komentar oleh Robert arwana jacob | 05/06/2013 | Balas

  27. Mkch informasiny?

    Komentar oleh Elisabeth matøndang | 04/06/2013 | Balas

  28. Mkchh informasiny
    skrng da bsa latihan2

    Komentar oleh Elisabeth matøndang | 04/06/2013 | Balas

  29. Saya sihh insyaAllah kalo sudah lulus SMA mo daftar jadi polwan :D tapi bagaimana kalo kita tdk tau berenang??

    Komentar oleh agi | 16/06/2013 | Balas

  30. So Easy gan :D

    Komentar oleh dani | 25/06/2013 | Balas

  31. Minimal berat badan brapa.. .

    Komentar oleh Bayu arianto | 02/07/2013 | Balas

  32. kalau peneriman akpol itu kak persikotes nya untuk tamatan sma gmana sih kak?
    terima kasih

    Komentar oleh jefta rajasa soritua aritonang | 05/08/2013 | Balas

  33. kalo mau ikut tes satpol pp apakah seperti yg di atas..??

    Komentar oleh riqhy andhika | 11/08/2013 | Balas

  34. Asslam pak .
    Saya elis solihah ,saya ber usia 18 tahun bercita-cita menjadi seorang polwan . Tolong bantuan nya pak ,atas informasi tes masuk kepolisian . Terima kasih pak .

    Komentar oleh elis solehah | 17/08/2013 | Balas

  35. pak gmna yg tidak bisa berenang ?

    Komentar oleh rozali | 18/08/2013 | Balas

  36. wah ,,. soal yg atas sih bisa” aj ,,. tapi saya.a takut air

    Komentar oleh lelono | 20/08/2013 | Balas

    • aku ga bisa renang gimana

      Komentar oleh dek bal | 30/08/2013 | Balas

  37. terima kasih sudah membantu :)

    Komentar oleh gebywahyuridha | 29/09/2013 | Balas

  38. Sip.. Terima kasih infonya. Sangat membantu sekali

    Komentar oleh Teguh | 13/10/2013 | Balas

  39. ada kah yang lain??

    Komentar oleh Acha | 22/10/2013 | Balas

  40. ‘PELUANG USAHA MODAL SANGAT KECIL’
    Bagi agan-agan yang ingin membuka usaha
    Tapi bingung ingin membuka usaha apa dan hanya mempunyai modal kecil
    Tak usah bingung,silahkan buka usaha pembayaran online
    “ppob /online nasional”
    Satu deposit bisa melakukan transaksi berikut:
    Seperti listrik,tiket pesawat, tiket ka ,pln,pdam, telepon, speedy, kartu kredit, tv kabel, pulsa, kredit multifinance, dll secara mudah, murah namun tetap dengan dukungan teknologi yang handal dan sistem bisnis yang fleksibel dan menguntungkan.
    Hanya bermodal ‘rp.100.000,’
    info lengkap Hubungi : http://www.fastpaynasional.com
    Hp:081335640101

    Komentar oleh Peterpaners Gemurung Selatan | 29/10/2013 | Balas

  41. pak cek medis kesehatan itu apakah harus di rumah sakit polda atau rumah sakit terserah?

    Komentar oleh alfen albiansyah | 06/11/2013 | Balas

  42. bagi pendaftaran tahun 2014 apa masih sama seperti ini??

    Komentar oleh rani | 30/11/2013 | Balas

  43. klo ada bkas cacar bsa gk dftar

    Komentar oleh Ridwan Nurdiansyah | 02/02/2014 | Balas

  44. mantap, giat berlatih saya masih cepet capekk :(

    Komentar oleh tio anugrah | 07/03/2014 | Balas

  45. ..
    Terimaksaih atas infonya,,semoga ini menjadi motivasi bagi yang berminat ..
    latihan truss,semoga sukses

    Komentar oleh Fitri Rahayu | 21/03/2014 | Balas

  46. kalo ada penyakit asma gimana itu. bisa nggak daftar pak ,

    Komentar oleh Dovi Fransisco | 10/04/2014 | Balas

  47. Sayaa mw masul polwan

    Komentar oleh Lulu riski simamora | 11/04/2014 | Balas

  48. kalau mata minus gax isa masuk ea, meski fisik sekuat gorila….????

    Komentar oleh Irbabul Lubab | 13/04/2014 | Balas

  49. latihan itu penting sebagai dasar , awalan untuk masuk TNI / POLRI

    Komentar oleh Udin | 17/04/2014 | Balas

  50. insya alloh tahun depan saya masuk anggota polri brigadir aminn,, pesiapkan sejak sekarang yeah !!!!!!!!!!!!!!!

    Komentar oleh Iqbal Ramdani | 18/04/2014 | Balas

  51. Apakah yang dulu iya 1 tahun pemakai aktif narkoba’ tapi sudah di hentikan karna cita2..

    Iya masi bisa mengikuti tes tersebut..

    = ……

    Komentar oleh M.Jurais | 02/05/2014 | Balas

  52. Apakah mendaftar polisi harus bayar yah ?

    Komentar oleh riska | 09/05/2014 | Balas

  53. apakah mendaftar polisi harus bayar yah supaya bisa lulus ?.terima kasih

    Komentar oleh riska | 09/05/2014 | Balas

  54. aku kepengen masuk polisi
    dari dulu ku impikan
    saya anak kisaran

    Komentar oleh ridho ambri | 05/06/2014 | Balas

  55. mas daniel perasaan yang ada tes berenangnya itu AL bukan polri,AD,AU

    Komentar oleh bachtiar81 | 03/08/2014 | Balas

  56. Interupsi komandan
    Apakah setelah saya masuk secaba atau tamtama saya harus memayar iuran setiap bulan nya ?
    Terima kasih atas perhatian nya mohom untuk diberi jawaban

    Komentar oleh Yudhi Permana | 19/08/2014 | Balas

  57. Semoga saya bisa mendaftar masuk militer dan bisa lulus dari tes.

    InsyaAllah saya akan melakkan seperti yang anda beri tahu.terima kasih semua.!!

    Komentar oleh Hardian Fadhlil | 31/08/2014 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: