Daniel LDT nge-Blog

Cuma coretan seorang Polisi sebagai Biker juga Blogger

REVOLVER

Ini adalah tulisan pertama saya dalam Sub Kategori Persenjataan di dalam Kategori Polri yang memuat informasi berbagai senjata yang dimiliki oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia. Tentunya saya akan prioritaskan kepada jenis-jenis senjata yang pernah saya pergunakan dalam kegiatan operasional kedinasan, pernah saya lihat di Gudang Logistik, ataupun digunakan oleh rekan2 saya di lapangan. Mulai dari senjata genggam jenis Revolver yang banyak digunakan oleh Polri dan Pistol.

Revolver

Revolver adalah sejenis senjata api di mana peluru dimasukkan ke tabung berputar. pada revolver berkaliber .44 berisi 5-7 peluru. Adapun revolver berkaliber .22 berisi 8-10 peluru. cara pengisian revolver dibagi menjadi 2 menurut design dan bentuk revolver. yang pertama adalah pengisian satu per satu seperti revolver jenis lama seperti colt peacekeeper, dan yang kedua adalah langsung, ketika silinder pengangkut peluru keluar
single action revolver itu adalah revolver dengan palu (palu yang memukul peluru sehingga meledak dan mendorong proyektil peluru keluar)yang harus ditarik kearah belakang dengan ibu jari sebelum menembak, seperti revolver jenis colt. silindernyapun harus diputar secara manual.
double action revolver adalah revolver dengan palu yang bergerak secara otomatis bersamaan dengan ditekannya pelatuk (dan silindernya bergerak ke arah peluru selanjutnya secara otomatis sesudah peluru keluar)

Revolver ini sesuai untuk aparat penegak hukum yang memerlukan kehandalan, ketetapan, dan kekuatan. Ringkas, ringan, daya tahan dan ketepatan dari senjata ini menjadikannya ideal untuk digunakan untuk penegak hukum.

Menurut para Ahli senjata dan amunisi, seorang penembak amatir akan menghadapi kesulitan besar bila menggunakan senjata api (Senpi) jenis revolver. Dibutuhkan 3-4 ribu butir peluru untuk latihan menggunakan senpi yang sama hingga mahir. Selain itu amatiran tidak akan bisa menembak target dalam jarak dekat dengan menggunakan revolver yang hentakannya lebih keras dibanding senjata laras panjang. Apalagi bila sasaran dan penembak sama-sama dalam kondisi bergerak.

Siapa tak mengenal pistol dan revolver? keduanya praktis dinobatkan sebagai senjata genggam paling mematikan abad ini. Sebaliknya, kedua senjata juga berhak atas predikat protektor terhandal karena bisa dipakai untuk menangkis tindak kriminal. Pamor serta aura deterent pistol-revolver tak ayal menyeruak setelah dalam pembuatannya dipakai material serta rancang mekanik yang semakin canggih.

Pada abad ke-15 sampai 17, ketika batu api masih jadi pemantik utama, jarak tembak maksimalnya hanya mencapai 10 meter. Itu pun sering kalah cepat dari panah. Tetapi kini, bisa kits simak bersama seperti apa kedahsyatan Smith & Wesson Model 17 berpeluru Magnum, Glock 17 yang berbodi plastik, atau FN Herstal P90 yang lebih mirip submechine gun ketimbang pistol.

Cara pengisian senjata ini dibagi menjadi dua menurut desain dan bentuk revolver. Cara pertama adalah pengisian satu per satu seperti pada revolver jenis lama misalnya colt peacekeeper. Cara kedua adalah pengisian langsung ketika silinder pengangkut peluru keluar.

Revolver adalah senjata keluaran perusahaan milik Samuel Colt. Colt berusaha menyelamatkan masa depan perusahaan senjatanya dengan memenangi kontrak untuk menyediakan 1.000 buah revolver kaliber .44 untuk pemerintah AS.

Revolver tersebut pertama kali dijual pada 4 Januari 1847. Sebelum Colt memulai produksi massal revolver pada 1847, pistol belum memainkan peran signifikan. Senjata laras pendek yang mahal dan tidak akurat dianggap tidak praktis walau kelompok elite masih menggunakannya.

Dari pengalaman pribadi dan berbagai sumber di internet

Sekedar berbagi pengalaman… Revolver lebih akurat ditembakkan dgn sistem single action (SA), bila ditembakkan berkali2 dgn sistem doble action (DA) akan mengurangi akurasi… kecuali mereka yg benar2 pengalaman menembak dgn jam tembak yg tinggi… tarikan trigger di sistem SA lbh ringan, sedangkan DA tarikan trigger nya mengupayakan pergerakan hammer terlebih dahulu… bagi amatir, pastilah akan menggeserkan sudut elevasi laras… hal yg dapat diminimalisir pada sistem penembakan di pistol, tapi… recoil tembakan pistol yg dihasilkan blowback mecanism jg mempengaruhi akurasi… alhasil… silahkan pilih sendiri deh… hehehe…

15/04/2011 - Posted by | Persenjataan, Polri

5 Komentar »

  1. […] 1. Revolver, yang menggunakan kamar peluru yang berputar, terdiri dari beberapa bagian utama yaitu: (tulisan tentang revolver klik di sini) […]

    Ping balik oleh Senjata api genggam « Daniel LDT nge-Blog | 18/04/2011 | Balas

  2. mantap broo nice blog , salutt

    Komentar oleh jurnalsrigunting | 19/08/2011 | Balas

    • just share Pak, sambil melancarkan mengetik 10 jari saja koq😀

      Komentar oleh Daniel LDT | 26/08/2011 | Balas

  3. Tambahan saja Bro….., Semua jenis Revolver baik yang Swing Out Cilinder maupun yg tidak pegisian amunisinya kalau tidak menggunakan alat bantu (manual Reload) pengisiannya dilakukan dengan menggunakan tangan satu persatu dalam kamar silindernya. sehingga untuk mendapatkan kecepatan dalam melaksanakan pengisian ulang amunisi dibuatlah alat bantu yang dikenal dengan Speed-Reload dan Jet-Reload.
    Mengenai Revolver Produksi Colt Rancangan Samuel Colt pertama kali (Kalau tdk salah nich….) mendapatkan Hak Patentnya pada Tgl 25 Februari 1836 untuk Revolver dgn 5 lubang silinder Kaliber 0,28 Inchi (7,112 mm), dengan sistem penembakan Percusiion Cap – Single-Action (SA) Sedamgkan Colt-Peacemaker Revolver pertama kali diproduksi tahun 1873 dgn silider 6 lubang – Single-Action dan sudah menggunakan Peluru Lengkap (Catridge) Kaliber 0,45 Inchi dan diproduksi untuk AD Amrik.
    Kehebatan dari Pistol Revolver secara umum terletak pada Rancangannya yang sederhana, Kuat dan mudah dalam pengoperasiannya, sedangkan kelemahannya antara lain kemampuan menampung amunisi dalam silinder, kecepatan menembak dan Reloadingnya yang lambak, sehingga untuk kepolisian tugas khusus seperti DENSUS yang melakukan pelatihan CQB hal ini sangat tidak taktis, demikian sekilas tambahan saja, mudah-mudahan bermanfaat…………….JAYA POLRI

    Komentar oleh Lafaek Pelopor 48 | 15/11/2011 | Balas

    • terima kasih banyak atas tambahannya pak, nanti saya edit dan saya sertakan di postingan saya
      untuk alat bantu yang dikenal dengan Speed-Reload dan Jet-Reload, alhamdulillah saya sudah memilikinya type HKS dan maxfire walaupun harus memasukkannya dari Luar Negri dan sedikit beradu otot dengan Bea Cukai :D\
      Salam kenal

      Komentar oleh Daniel LDT | 16/11/2011 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: