Daniel LDT nge-Blog

Cuma coretan seorang Polisi sebagai Biker juga Blogger

Tentang TILANG dan Dendanya

Contoh TILANGApa kabar semuanya?

Kali ini saya akan menulis sedikit informasi tentang Tilang, saya yakin Anda semua sudah mengetahuinya. Tulisan ini saya sarikan dari berbagai sumber terutama dari Forum Kepolisian @ KASKUS di sana saya dan Anda semua bisa bertukar informasi dan bertanya-tanya tetang Kepolisian. Saya sendiri merasa betah dan mendapatkan banyak Informasi di Forum tersebut dari para sesepuh🙂

Kita langsung aja ya, “Kembali ke Tank Top, alamak keceplosan Laptop!” (kata om tukul).

Tilang adalah bukti pelanggaran, dimana dalam berkas tilang itu ada 5 rangkap yang terdiri dari :

  1. MERAH : diberikan pada pelanggar yg tdk koperatif dgn petugas n tdk mengaku salah
  2. BIRU : diberikan pada pelanggar yg kooperatif dgn petugas mengaku salah
  3. HIJAU : untuk pengadilan
  4. PUTIH : untuk kejaksaan
  5. KUNING : untuk arsip POLRI

Tilang menggunakan system BAP singkat dan bersifat verztek(pelanggar dapat diwakilkan pada saat sidang)jadi tidak ada hubungannya dengan slip merah atau biru,dua2nya dpt diwakilkan

Untuk denda2 yg ada di daftar tilang adalah denda maksimal yang harus dibayarkan jika pelanggar tdk hadir sidang,denda itu bisa berkurang jika agan2 sekalian hadir sendiri di sidang dan bicara langsung dengan hakim.

Saat ini menurut UU Polri tdk dapat menerima titipan denda,adapun jika agan mnt diwakilkan pd sidang,agan2 harus menyetor langsung k Negara via bank,seterusnya bukti setor tadi yg harus diserahkan ke Polri utk dibawa ke sidang. Cuma ada bbrapa daerah yg belum melaksanakan karena berbagai factor…di temapat ane,GORONTALO kita masih nyetor k Polri karena belum ada bank yang siap untuk pelaksnaan administrasinya,hal ini akibat otoda…jadi tiap daerah tdak merata kesiapannya.

Adapun criteria umumnya adalah pelanggaran yang kasat mata,tdk perlu alat bantu untuk membuktikan,tdk perlu ahli untuk membuktikan adanya pelanggaran.

Denda tilang sesuai UU No. 22

Pasal 273 = penyelenggara jalan yg tidak segera membetulkan jalan rusak sehingga menimbulkan korban laka

(1)LR : 6 bln /12 juta

(2)LB : 1 tahun / 24 juta

(3)MD :5 tahun / 120 juta

(4) penyelenggara jalan tdk memasang tanda pada jalan rusak atau sdg perbaikan :6 bln /1,5 juta

Pasal 274 = melakukan perbuatan mengganggu fungsi jalan hingga laka : 1 tahun / 24 juta

Pasal 275 = (1)melakukan perbuatan yg mengganggu Rambu dkk : 1 bln / 250 ribu

(2)melakukan perbuatan yg merusak Rambu dkk : 2 tahun / 50 juta

Pasal 278 = ranmor yang tdk dilengkapi emergency kit : 1 bln / 250 ribu
Pasal 279 = ranmor yg dipasang perlengkapan yg mengganggu kslmatan lalulintas : 2 bln / 500ribu
Pasal 280 = ranmor yg tidak ada TNKB : 2 bln / 500 ribu
Pasal 281 = pengemudi tidak punya SIM : 4 bln / 1 juta
Pasal 282 = pengemudi tdk mematuhi perintah petugas(dsruh minggir/brhenti) : 1 bln / 250 ribu
Pasal 283 = mlkkan tndkan lain yg mngganggu konsentrasi saat mengemudi(pake hape dll) : 3 bln / 750 ribu
Pasal 284 = tdk mengutamakn keselamatan pejalan kaki dan pesepeda : 2 bln / 500 ribu
Pasal 285 = (1)R2 tdk lengkap komponen utamanya : 1 bln / 250 ribu

(2)R4 atau lebih yg tdk layak jalan & tdk lengkap komponen utamanya : 2 bln / 500 ribu

Pasal 287 = melanggar (1)rambu2 : 2 bln / 500 ribu

(2)APIL : 2 bln / 500 ribu

(3)aturan gerakan lantas : 1 bln / 250 ribu

(4)hak utama kendaraan dengan sirine n rotator : 1 bln / 250 ribu

(5)batas kecepatan : 2 bln / 500 ribu

(6)tata cara penggandengan : 1 bln / 500 ribu

Pasal 288 = (1)tdk ada STNK/STCK : 2 bln / 500 ribu

(2)tdk dapat mnnjukkan SIM : 1 bln / 250 ribu

(3)tdk ada surat uji berkala utk ranmor angkutan umum dan barang : 2 bulan / 500 ribu

Pasal 289 = tdk pake seat belt : 1 bln / 500 ribu
Pasal 290 = ranmor pickup/bak yg mengangkut orang tdk ada rumah2 ato tdk pake helm/ seat belt :
1 bln / 500 ribu
Pasal 291 = (1)tdk pake helm SNI/standar lain yg diatasnya : 1 bln / 250 ribu

(2)penumpang R2 tdk pake helm : 1 bln / 250 ribu

Pasal 292 = R2 membonceng > 1 orang tanpa kereta gandeng/samping : 1 bln / 500 ribu
Pasal 293 = (1)ranmor tdk mnyalakan lampu pada malam hari : 1 bln / 250 ribu

(2)R2 tdk mnylakan lampu utama pada siang hari : 1 bln / 250 ribu

Pasal 294 = berbelok tdk menggunakan lampu sein ato isyarat tangan : 1 bln / 250 ribu
Pasal 295 = berpindah jalur/menyalip tidak menggunakan lampu sein atau isyarat tangan : 1 bln / 250 ribu
Pasal 297 = balapan liar di jalan2 umum : 1 tahun / 3 juta
Pasal 310 = (1)lalai dlm berkendara hingga laka : 6 bln / 1 juta

(2)lalai dlm berkendara hingga laka LR : 1 tahun / 2 juta

(3)lalai dlm berkendara hingga laka LB : 5 tahun / 10 juta

(4)lalai dlm berkendara hingga laka MD : 6 tahun / 12 juta

Pasal 311 = (1)sengaja mengemudi yg membahayakan(ugal2an) : 1 tahun / 3 juta

(2)sengaja mengemudi yg membahayakan hingga laka : 2 tahun / 4 juta

(3)sengaja mengemudi yg membahayakan hingga laka LR : 4 tahun / 8 juta

(4)sengaja mengemudi yg membahayakan hingga laka LB : 10 tahun / 20 juta

(5)sengaja mengemudi yg membahayakan hingga laka MD : 12 tahun / 24 juta

Pasal 312 = jika terlibat laka tp tdk berhenti,menolong,lapor polisi : 3 tahun / 75 juta

Keterangan :

-LB : luka berat
-LR : luka ringan
-MD : meninggal dunia
-Laka: kecelakaan lalu lintas
-Rambu dkk : smw petunjuk jalan,marka jalan(gari2 putih),traffic light,side bar,fasilitas pejalan kaki
-APIL : traffic light
-Ranmor : kendaraan bermotor
-R2 : roda 2
-R4 : roda 4
-TNKB : plat nomor
-STCK : surat tanda coba kendaraan
-Komponen utama : spio,speedo,lampu2(warna sesuai ketentuan),knalpot,klakson,ban(layak pakai)
– Emergency kit : kunci2 roda,p3k,segitiga hazard,ban cadangan,dongkrak

Demikian kiranya, sedikit tentang tilang

Terima kasih

22/06/2011 - Posted by | Uncategorized

8 Komentar »

  1. mau tanya nih pak.
    Kalo misal pasang aksesoris motor gimana itu?
    Seperti ganti handgrip(stang) warna warni, terus ganti velg dgn warna velg yg mencolok, terus pasang lampu blue led dibody motor?
    Apakah harus ke-tilang juga.
    Soalnya ,menurut saya malah safety, cos bisa mengetahui keberadaan motor tsb dgn jelas saat melintas.
    Thanks in advance🙂

    Komentar oleh nick69coolrider | 02/08/2011 | Balas

    • gpp gan modifikasi,selama tdk membahayakan pengguna jalan lainya n diri sendiri gan….
      gampangnya,slma motor masih bisa jalan normal,gk bikn org lain terganggu gpp gan….
      ini jawaban dari seorang perwira di satlantas sidoarjo
      pertanyaan anda saya tanyakan kembali di SF kepolisian @ Kaskus http://www.kaskus.us/showpost.php?p=485954796&postcount=274
      salam

      Komentar oleh Daniel LDT | 04/08/2011 | Balas

  2. luar biasa sangat detail artikelnya bos, ini bisa membuka wacana masyarakat yg buta ttg hal tsb… biar masyarakat ga bodoh hukum…

    Komentar oleh dewita | 27/09/2011 | Balas

    • siap
      hanya sekedar melancarkan mengetik 10 jari koq😀
      jika ingin lebih lengkap lagi mengenai Kepolisian, silahkan klik link di atas yangb menuju subforum kepolisian di kaskus
      terima kasih
      salam

      Komentar oleh Daniel LDT | 04/10/2011 | Balas

  3. lha kalo pasang knalpot after market masuk nya kemana Pak,, kemaren temen saya kena 150 ewu (motornya Supra X’02 pake knalpot nobi) saat ada razia gara-gara tu knalpot..??

    *lokasi di jalan trans sumatra (sumbar)..

    Komentar oleh Hourex150L | 12/10/2011 | Balas

    • mungkin maksudnya knalpot racing ya? Bukan after market alias seken kan?
      waduh???? 150ribu pak? Kalau dugaan saya pasti Anda tidak di Tilang tapi anda memberikan uang tersebuut langsung ke oknum itu ya, karena setahu saya yang namanya denda tilang itu sekitar 75rb-100rb saja jika mengikuti sidang. CMIIW
      Kembali ke knalpot racing, biasanya Rekan2 di lapangan menggunakan Pasal yang mengandung unsur membahayakan orang lain, maksudnya gimana? Jika tiba2 Anda mblayaer (ini bahasa indonesianya apa ya) alias memnarik gas secara tiba tiba tetapi tanpa anda ketahui di sebelah Anda ada orang yang jantungan, kan bisa membahayakan orang tersebut.
      Bisa silahkan mampir di SubForum Kepolisian di Kaskus, di sana ada seorang Kontributor seorang Pama yang bertugas di Polres Sidoarjo yang menjadi kontibutor di trit tentang TILANG
      http://www.kaskus.us/forumdisplay.php?f=576

      Komentar oleh Daniel LDT | 12/10/2011 | Balas

  4. Numpang curhat gan.

    Gan, sekitar 2 bulan lalu mobil saya diserempet motor dari belakang sehingga si pengendara motor ini jatuh dan masuk RS. Kejadian ini persis di depan polantas yang sedang bertugas. Meski polantas yang berjaga tersebut mengakui saya tidak bersalah dan insiden tersebut disebabkan oleh pengendara motor akan tetapi saya tetap harus nanggung biaya RS si pengendara motor, surat-surat kendaraan pun ditahan oleh atasan pak Polisi tadi (kanitnya).

    Setelah menyelesaikan urusan RS, saya dan keluarga pengendara motor pergi ke kantor polisi untuk menandatangani kesepakatan penyelesaian secara kekeluargaan n mengambil surat-surat kendaraan. Meskipun di depan ruangan terpampang besar tulisan yg berbunyi Pengambilan Barang Bukti Laka-Lantas Tidak Dipungut Biaya tapi saya dan pihak pengendara tetap dimintai “Biaya Administrasi” hingga ratusan ribu.

    Meskipun di situ terpampang jelas bahwa urusan tersebut gak pake biaya, tapi siapapun yang berada dalam posisi seperti saya akanlah sulit untuk menolak permintaan tersebut. Akhirnya setelah tawar-tawaran, sya dapet “korting” 50rb dan terpaksa membayar.

    Gimana tuh gan tanggapannya?? saya masih nyimpen nama, pangkat n unit tempat bertugas serta no hp polisi tersebut kalo anda mau

    Komentar oleh Moncer | 14/10/2011 | Balas

  5. mlam mas . .
    Mau tanya ne soal brp denda tilang .
    Tgal 8 februari 2013 sya hrusnya hdri sidang tilang di PN Sidoarjo tp sampe skrang belom sya hdri mas . .
    Kira” sya ngambil stnk dmn n brp kira” dendanya .?

    Komentar oleh nizar | 20/02/2013 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: