Daniel LDT nge-Blog

Cuma coretan seorang Polisi sebagai Biker juga Blogger

Desain Pola Corak (Pattern) Loreng IKABA 2002 ( Ikatan Alumni Dikmaba Polri T.A. 2002 Se-Indonesia)

Kemarin iseng baca baca artikel tetang seragam loreng / Kamuflase yang dipakai oleh Tentara di seluruh dunia. Kemudian terbesit ide untul membuat Desain Pola Corak (Pattern) Loreng IKABA 2002 ( Ikatan Alumni Dikmaba Polri T.A. 2002 Se-Indonesia)

Maksud dan tujuan dibuat loreng ikaba 2002 adalah sebagai penanda dalam merchandise masing2. Jadi jika ada merchandise yang sedang digunakan oleh rekan2 yang mengandung unsur loreng ini di mana saja di seluruh indonesia, maka kita bisa langsung tahu bahwa ybs adalah Letting 2002 walaupu tidak saling mengenal satu sama lain.

Seperti kita semua ketahui, salah satu satuan di polri yaitu Brimob memiliki seragam loreng dengan Pola Corak Loreng dan warna sendiri yang khas dan membedakannya dari Kesatuan manapun. Maka kombinasi warna loreng brimob inilah yang saya gunakan

loreng brimob

Loreng Brimob dan Komposisi / Kombinasi warna nya

Kemudian saya seperti kita tahu bahwa Logo ikaba 2002 mengandung unsur Gambar Peta Indonesia, maka buat desain Pola Corak saya buat dengan berdasarkan Peta Indonesia.

poloshirt ikaba2002

Tampak belakang Poloshirt IKABA 2002

Peta Indonesia

Peta Indonesia yang dijadikan pola/motif lorengnya

Sehingga dari perpaduan antara kombinasi warna loreng brimob dan motif Peta Indonesia, Hasilnya sebagai berikut:

kronologis pattern ikaba 2002

Penggabungan Kombinasi Warna Loreng Brimob dengan motif Peta Indonesia, menghasilkan Pola Loreng Ikaba 2002

Desain Pola Corak Loreng IKABA 2002

Desain Pola Corak Loreng IKABA 2002

Perbandingan Pola Corak Loreng dengan beberapa Kesatuan di Tentara Nasional Indonesia jelas beda

marinir-tni ad

Loreng MARINIR – TNI AD – KOPASSUS

Beberapa saran dan pertanyaan yang masuk / disampaikan oleh beberapa rekan:

1. Koq loreng sih? Seperti tentara?

Jawab: Karena loreng adalah kombinasi dari beberapa warna yang membentuk pola yang unik sehingga bisa membedakan dan menjadi ciri khas penanda atribut anggota IKABA 2002. Jika kita menggunakan warna polos, maka tidak bisa menjadi penanda dong karena warna bersifat umum. Buat yang tidak mau terlihat terlalu menonjol, loreng bisa dijadikan pemanis pada atribut yang rekan2 buat. Contoh digunakan di lengan, kerah atau sakunya saja dengan warna dominan yang di sepakati

Contoh kaos dengan kombinasi loreng

Contoh kaos dengan kombinasi loreng

2. Kenapa ga buat loreng kombinasi dari hanya warna coklat dan turunannya? Seperti Coklat tua celana polri dan coklat muda baju polri?

Jawab: Karena loreng seperti itu sudah ada yang menggunakan, yaitu FKPPI (Forum Komunikasi Putra-Putri Purnawirawan). Masa kita pake loreng meniru FKPPI?

FKPPI Old Pattern

FKPPI Old Pattern

FKPPI current pattern

FKPPI current pattern

Buat rekan2 yang lain yang mempunya saran atau pertanyaan, silahkan share di sini, buat yang setuju / suka / mendukung silahkan share atau diinfokan ke leting yang lainnya. Bisa juga klik tombol Like dengan gambar bintang di bawah artikel ini

Terima Kasih

30/05/2013 - Posted by | Polri | , , ,

6 Komentar »

  1. Mas, bro yg bukan leting LDT bisa pesan ga?
    klo bisa saya pesan kaos yg corak loreng

    Komentar oleh Yantonius TFTT | 31/05/2013 | Balas

  2. Coraknya keren, khas banget…perlu dipatenkan tuh biar gak ada yg niru hehehehe

    Komentar oleh Anton Chimo | 01/06/2013 | Balas

  3. Boleh juga tuh gan, pesen ah!!

    Komentar oleh Abdi Negara | 03/08/2014 | Balas

  4. Kenapa harus pakai loreng? ingat tugas Brimob banyak di kota dimana kamuflase sangat tidak efektif seperti doktrin tentara Israel yang tidak gunakan kamuflase pada tentaranya. Brimob sebaiknya menghindari penggunaan loreng pada seragamnya karena tugasnya lebih pada menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat. Kesan loreng sudah identik dengan militer dan Brimob bukan dari bagian militer sekarang. Perlakuan hukum perang terhadap tentara dan polisi sangatlah berbeda. Semoga dapat dijadikan masukan, thanks.

    Komentar oleh Arif Kent | 15/11/2014 | Balas

  5. itu namanya bukan loreng TNI AD, itu namanya loreng integrasi

    Komentar oleh johanes vianney derda | 03/12/2015 | Balas

  6. Pesan dong satu. Minat banget nih.

    Komentar oleh abah ttnt | 18/03/2016 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: